'/> Ciri Khas / Karakteristik Musik Jazz Dan Nama Tokoh Musisinya -->

Info Populer 2022

Ciri Khas / Karakteristik Musik Jazz Dan Nama Tokoh Musisinya

Ciri Khas / Karakteristik Musik Jazz Dan Nama Tokoh Musisinya
Ciri Khas / Karakteristik Musik Jazz Dan Nama Tokoh Musisinya
Musik jazz ialah jenis musik yang lahir di New Orleans, Amerika Serikat. Pada awal kala ini, kemunculannya merupakan paduan antara teknik dan peralatan musik Eropa, khususnya Prancis, dengan irama bangsa Negro asal Afrika Barat.
                   
Di perkebunan-perkebunan kapas New Orleans Selatan gaya permainan musik mereka inilah yang dikenal sebagai musik jazz, Ciri utama dari musik jazz ialah permainan improvisasi, baik dalam irama maupun melodi, kelompok ataupun musiknya. Salah satu elemen penting dalam jazz ialah sinkopisasi.

Sebagai gaya bermain, musik jazz tidak tertentu susunan alat musiknya. Kita sanggup melakukannya baik secara tunggal, trio, kuintet, atau group bentuk lainnya; baik jenis akustik maupun elektrik. Namun, secara garis besar, musik jazz memakai alat musik gitar, trombon, trompet, keyboard/piano, drum, dan vokal. Dalam lagunya, musik jazz tidak mempunyai ataupun memilih bentuk khusus. Banyak lagu sanggup dimainkan secara jazz, di awal kemunculannya dipakai lagu-lagu dengan bentuk khusus, ibarat blues dan boggie woogie.

Tokoh-tokoh musik jazz di masa lalu, antara lain Charlie Parker (saksofon), Duke Ellington (komponis), Benny Goodman (klarinet), dan Louis Amstrong (trompet).

Beberapa gaya dalam musik jazz, antara lain gaya New Orleans, di Xielands, gaya Chicago, boogie-woogie, swing, bebob, hard pop, coll jazz, dan free jazz.

Rock and roll sering disingkat rock’n’roll. Musik ini berkembang di Amerika Serikat selesai tahun 1940-an dan mencapai kepopulerannya di awal tahun 1950-an. Rock and roll melahirkan aneka macam macam fatwa yang secara keseluruhan dikenal sebagai musik rock.

Ciri khas musik rock and roll ialah pada ketukan (beat) yang biasanya dipadu dengan lirik. Rock and roll memakai beat yang didasarkan salah satu ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah tekanan bunyi backbeat yang selalu diisi pukulan snar drum. Versi klasik dari rock and roll dimainkan dengan satu atau dua gitar listrik, gitar bas listrik, dan drum set.

Orkes jazz yang sangat dikenal pada zamannya ialah Original Dixieland jazz grup musik dan New Orleans Rhythm Kings.

Advertisement

Iklan Sidebar