'/> Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar -->

Info Populer 2022

Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar

Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar
Teknik / Cara Memainkan Angklung Melodi Yang Baik Dan Benar
Angklung melodi mempunyai dua bumbung nada. Bumbung nada depan (kecil) dan bumbung nada belakang (besar). Bumbung nada depan bunyinya satu oktaf ludang kecepeh tinggi daripada bunyi nada bumbung belakang. Angklung melodi yang tidak ada yang kurang akan meliputi wilayah bunyi nada empat oktaf, dan nada bumbung belakang angklung besar (e) hingga dengan bunyi nada bumbung depan angklung epilog (terkecil - c’). Luas nada angklung melodi terbaik nada oktaf. Apabila ditidak ada yang kurangi dengan nada sisipan (kromatis), jumlah tiruananya menjadi 37 buah angklung dari nada terbawah c hingga dengan tertinggi e.

Angklung-angklung melodi perlu didiberi nomor urut 1–37 dan huruf-huruf yang berpedoman satu abjad untuk satu warna nada. Hal ini dilakukan supaya tidak membingungkan dalam menentukan dan menyebut nada angklung.

Sebelum memainkan angklung, harus diperhatikan terludang kecepeh lampau kondisi dan ketidak ada yang kurangan angklung-angklung. Sikap dan cara membunyikan angklung melodi yaitu sebagai diberikut.

1) Sikap Umum

Agar sanggup memainkan angklung dengan baik, ikuti petunjuk diberikut:

a)   Tangan kiri memegang ujung tiang depan.
b)   Angklung menghadap ke arah kiri pemain.
c)   Garis antara siku dengan pergelangan tangan kiri sejajar dengan garis permukaan tanah.
d)   Dipandang dari samping, angklung harus tegak lurus rata dengan tegak tubuh pemain.
e)   Usahakan posisi angklung berada sempurna di depan pinggul kanan.
f)    Telunjuk bersama ibu jari ajudan memegang awal bawah tiang belakang angklung, sedangkan jari tengah masuk ke dalam lubang belahan sepatu angklung, bab belakang, mengontrol tinggi rendah posisi angklung, dan bersama dengan telunjuk dan ibu jari mengatur getaran angklung yang berpusat pada pergelangan tangan kanan.
g)   Bunyi angklung tergantung bagaimana memajukan batang angklung.

2) Sikap Khusus

Dalam bermain angklung, bunyi sanggup dihasilkan dengan teknik-teknik memainkannya. Adapun teknik-teknik memainkannya yaitu sebagai diberikut:

a) Bunyi Panjang

Untuk menghasilkan nada panjang sanggup dilakukan dengan cara angklung tegak lurus dengan lantai dilihat dari segala arah. Gerakan angklung bersumbu pada pergelangan tangan kiri yang tidak bergerak.

b) Bunyi Pendek

Untuk menghasilkan bunyi pendek, angklung tegak dan kendalikan dengan tangan kanan. Gerakannya menyerupai menarik batang tongkat pancing (Jawa: sendhal pancing), tanpa memiringkan angklung ke kanan maupun ke kiri.

c) Bunyi Sangat Pendek

Untuk menghasilkan bunyi sangat pendek atau marcato dilakukan dengan caranya angklung condong ke kiri dengan menarik pegangan ajudan ke samping. Goyangkan bab awal angklung dengan cara sendhal pancing.

d) Bunyi Cacah

Untuk menghasilkan bunyi cacah, caranya yaitu angklung dipegang dengan posisi miring ke depan menghadap bawah, dipegang bersahabat pada tangan kiri di kedua tiang tengah dan belakang. Adapun telapak ajudan membentur awal belakang sepatu angklung.

Advertisement

Iklan Sidebar