'/> Tari Pertunjukan Mancanegara -->

Info Populer 2022

Tari Pertunjukan Mancanegara

Tari Pertunjukan Mancanegara
Tari Pertunjukan Mancanegara
Kudang keringasaan dan sikap masyarakat antara satu bangsa dan bangsa lain tidak sama. Tari tetap mempunyai kesamaan disiplin ilmu yang universal. Hal itu merupakan refleksi kehidupan masyarakat. Sebuah tarian mencerminkan asal sumbernya, mulai dari gaya sampai wujud ekspresinya. Misalnya, taritarian pertunjukan yang berpola tradisi atau klasik.

Pada era XVII, Perancis dianggap sebagai daerah lahirnya Tari Klasik Balet. Pada masa Kerajaan Louis XIV, kebudayaan sedang mencapai puncak keemasannya, termasuk seni tari yang dibawa Catharina de Medici dari Italia. Dia membawakan Tari Balet ke istana Prancis yang disaksikan oleh Ratu Prancis. Tarian tersebut diadakan untuk perayaan pementasan parade menyongsong kelahiran putra raja atau disajikan pada pesta kemenangan sesudah perang.

Sepanjang perjalanannya, Tari Balet mengalami perubahan semenjak zaman romantik. Balet ludang keringh mengedepankan kebebasan berekspresi yang tidak kaku. Karya Balet pada zaman Romantik yang didatangi puluhan ribu penggemarnya ialah karya tari Ana Palova dari Rusia dengan judul Dying Swan sebagai bentuk balet bergaya romantik yang berubah pada beberapa hal yang berkaitan dengan hukum baku klasik Tari Balet.

Dengan perkembangan semacam itu, Tari Balet sebagai produk karya seni klasik Barat menunjukkan skor estetis yang tinggi.

Ekspresi kebebasan muncul dalam bentuk tari modern menyerupai yang dipelopori Isadora Duncan. Dia mengutamakan bentuk gerak yang bebas sebagai ungkapan verbal penuh amarahnya.

Koreografi disusun dengan bentuk yang agak aneh, posisi, dan cara menekuk badan yang sangat ekspresif. Kemodernan wangsit Isadora disebut sebagai verbal pemberontakan. Selain sebab bentuknya, karya tersebut merupakan kritik pada keadaan ekonomi dan politik sosial pada masa itu.

Tari modern bagi Isadora Duncan ialah untuk mengesankan tari modern yang bekerjsama merupakan wujud pemberontakan akan aturan-aturan yang terdapat pada Tari Balet Klasik, menyerupai yang diterapkan pada kompani (grup) Ballet Balanchine yang sangat ketat dengan aturan.

Advertisement

Iklan Sidebar