'/> Macam-Macam Jenis Kudang Keringjakan Pemerintah Kolonial Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Rakyat Dan Pemerintahan -->

Info Populer 2022

Macam-Macam Jenis Kudang Keringjakan Pemerintah Kolonial Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Rakyat Dan Pemerintahan

Macam-Macam Jenis Kudang Keringjakan Pemerintah Kolonial Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Rakyat Dan Pemerintahan
Macam-Macam Jenis Kudang Keringjakan Pemerintah Kolonial Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Rakyat Dan Pemerintahan
Jalur perdagangan yang sering dipakai pada waktu ituadalah Malaka, Maluku, dan Laut Jawa sebagai urat nadinya.

Namun, dengan ditunjang kekayaan alam Indonesia mendorongbangsa-bangsa ajaib tersebut bukan hanya melaksanakan kegiatanperdagangan, melainkan juga menguasai daerah-daerah disekitarnya terutama tempat yang menguntungkan.

Dalam penguasaanya itu, pemerintah kolonial mengeluarkanberbagai kudang kecepejakan. Serangkaian kudang kecepejakan pemerintah kolonialmampu mengubah tatanan kehidupan bangsa Indonesia. Kekuasaan kolonial secara pelan namun niscaya berhasilmemengaruhi terjadinya perubahan di banyak sekali aspekkehidupan.

Adapun bentuk-bentuk efek kolonial diantaranya mencakup agama, sopan santun istiadat, pendidikan, kesenian,hukum, dan sistem pemerintahan.

1. Masa Pemerintahan Portugis

Kekuasaan Portugis di Maluku diawali dengan kedatanganFrancisco Serrao. Portugis mulai mendapat angin segar knorma dan sopan santunpenguasa Ternate meminta bantuannya dalam menghadapipenguasa Tidore yang didukung Spanyol. Sebagai imbalannyaSultan Ternate memdiberi izin kepada Portugis untuk mendirikanbenteng di sana.Setelah mempunyai kedudukan di Maluku, Portugis mengincarSumatra yang kaya akan lada. Kemunculan Portugis di Sumatramendapat tentangan, terutama dari Kerajaan Aceh.

Sementara itu, di Jawa, Portugis hanya sanggup berdagang diPasuruan dan Blambangan. Di tempat lainnya Portugis tidakdapat berdagang, alasannya sebagian besar Jawa dikuasai olehKerajaan Demak. Di tempat Indonesia lainnya Portugis hanyadapat menetap di Timor, sementara kedudukannya di Ternatemulai goyah. Monopoli perdagangan dan penyebaran agamaNasrani yang dilakukan Portugis di Maluku ditentang kerasrakyat Ternate. Portugis memaksakan kekuasaan di Ternate,Tidore, dan Jailolo yang hasilnya menimbulkan perlawananrakyat.

Beberapa beresiko dari imperialisme yang dilakukan olehPortugis di Indonesia ialah sebagai diberikut:

a.   Dalam bidang politik, dengan dikuasainya Malakamenghancurkan organisasi perdagangan Asia, Macau diCina, dan Ambon.
b.   Terjadinya penyebaran agama Katolik yang dipimpin olehXaverius di Ambon, Ternate, dan Morotai.
c.   Banyaknya nama orang di tempat Maluku yang menggunakannama Portugis. Selain itu, ada beberapa kata dalam bahasaIndonesia yang menyerap unsur bahasa Portugis sepertimeriam, minggu, nona, signor, sinyor, dan dalam kesenian,musik keroncong merupakan perpaduan dengan budayaPortugis.

2. Masa Pemerintahan Kompeni (VOC)

Pada masa Gubernur Jenderal J.P. Coen (1619–1623, 1627–1629)diberlakukan banyak sekali kudang kecepejakan di antaranya ialah sebagai diberikut:

a. Memonopoli perdagangan di Maluku.
b. Menjadikan Batavia sebagai pelabuhan dan sentra kekuasaanVOC.
c. Menjalankan politik devide et impera (adu domba) antararaja-raja di Jawa dengan kepulauan Nusantara lainnya.
d. Mendatangkan keluarga-keluarga Belanda untuk mengelolapertanian di Indonesia.
e. Proses westernisasi pada budaya-budaya pribumi.
f. Memonopoli perdagangan rempah-rempah.

Salah satu kudang kecepejakan Coen yang paling keras yaitu dihancurkannyaPulau Banda. Penduduk Banda dibantai, sedangkan yang hidupdijadikan budak.Untuk menjalankan misi menaklukkan Nusantara, VOCmelakukan taktik sebagai diberikut ini:

a.   Melakukan tindak kekerasan, peperangan, dan tindakankasar terhadap penguasa setempat dan para pedagang yangmelawannya.
b.   Mengusir dan membunuh para penduduk yang menolakmenjual barang dagangannya kepada VOC.
c.   Menghancurkan pusat-pusat perdagangan Islam diNusantara.
d.   Melakukan tipu tipu daya serta mencampuri urusan dalamnegeri setiap kerajaan, terutama di Jawa.

Pada tahun 1799, VOC mengalami kebangkrutan yangdisebabkan faktor-faktor diberikut:

a.   Banyaknya korupsi yang dilakukan para pegawai VOC,apalagi mereka tidak mempunyai kewajiban untukmemdiberikan laporan keuangan pada pemerintah Belanda.
b.   Banyaknya biaya yang harus dikeluarkan VOC sebagaiberesiko dari peperangan yang dilakukan VOC diNusantara.
c.   Persaingan yang ketat dengan kongsi dagang lain.
d.   Rakyat Indonesia tidak bisa lagi membeli barang-barangBelanda.
e.   Terjadinya perdagangan gelap.

Dalam sastra Melayu, kepahlawanandan keperkasaantokoh-tokoh pendamping Malakadalam melaksanakan roda pemerintahannyamuncul. Tokoh yangdianggap sebagai pahlawansamudra ialah Hang Tuah, HangLekir, dan Hang Jebat.

3. Masa Pemerintahan Kolonial Belanda

Setelah VOC bubar, kekuasaan Belanda di Indonesia dilanjutkanoleh pemerintahan Hindia Belanda. Pemerintahan ini dipimpinoleh seorang gubernur jenderal sebagai wakil raja atau ratuBelanda. Setelah kekuasaan Raja Wilhem V runtuh, berdirilahRepublik Bataaf. Selama 8 tahun Indonesia berada dalamkekuasaan Republik Bataaf (1799–1806). Namun, pada tahun1795 Belanda takluk terhadap Prancis yang dipimpin NapoleonBonaparte.

4. Masa Pemerintahan Daendels

Pada tahun 1806, Napoleon mengangkat adiknya, LouisNapoleon Bonaparte menjadi raja Belanda dan membubarkanRepublik Bataaf. Kemudian Louis Napoleon mengangkatMarsekal Herman Willem Daendels menjadi gubernur jenderaldi Hindia Belanda (1808–1811). Tugas utama Daendels adalahmempertahankan Pulau Jawa semoga tidak direbut Inggris.Selainitu, Daendels juga mempunyai kiprah memberantas penyelewengandan korupsi. Untuk itu, Daendels melaksanakan serangkaianpersiapan sebagai diberikut:

a.   Membangun jalan raya dari Anyer hingga Panarukansepanjang 1.100 kilometer. Hal ini dimaksudkan untukmemperlancar komunikasi antar tempat yang dikuasaiDaendels di sepanjang Pulau Jawa.
b.   Menarik orang Indonesia semoga menjadi tentara.
c.   Membangun awalan armada maritim di Anyer dan Ujung Kulon.
d.   Memaksa rakyat di tempat Priangan untuk menanam kopiyang hasilnya diserahkan kepada pemerintah.
e.   Menjual tanah-tanah negara kepada orang swasta asing.
f.    Memungut pajak yang tinggi terhadap rakyat.

Pada masa pemerintahannya, Daendels membagi Pulau Jawamenjadi beberapa wilayah administratif yang disebut prefectur,di mana masing-masing wilayah itu diperintah oleh seorangprefect. Prefectur ialah wilayah administratif setara karisedenan.Pada masa pemerintahan Daendels ini juga terjadi permusuhanantara raja-raja Jawa dengan Daendels. Salah satunya, yaituSultan Banten yang menentang Daendels akhir pembangunanjalan antara Anyer–Panarukan. Namun, Daendels mampumenghancurkan Banten dan mengasingkan sultan ke Ambon.Perlawanan serupa juga dilakukan oleh Raja Jogjakarta dibawah pimpinan Hamengkubuwono II. Hal ini berakibat haruskehilangan tahta dan wilayah kekuasaan Jogja diperkecil.Deandels tiba ke Jawa dengan membawa semangatpembaruan yang dikombinasikan dengan kediktatoran. Diasangat membenci feodalisme penguasa-penguasa di Jawa,sehingga berusaha menjadikan wewenang dan kekuasaanmereka berburang dengan mengangkat mereka menjadipegawai administratif Eropa. Hal itu menimbulkan perlawanan-perlawananterhadap Daendels.

5. Masa Pemerintahan Inggris

Inggris mendarat di Batavia pada tanggal 11 Agustus 1811 danlangsung menyerang Belanda. Akhirnya Batavia jatuh ke tanganInggris dan Janssens sebagai pengganti Gubernur JenderalDaendels lari ke Tuntang. Ia tidak mempunyai pilihan, selainmenyerah kepada pasukan Inggris yang dipimpin Lord Minto.Menyerahnya Belanda itu tertuang dalam Perjanjian Tuntang(1811). Isi Perjanjian Tuntang ialah sebagai diberikut:

a. Seluruh kekuatan militer Belanda di Asia Tenggara harusdiserahkan kepada Inggris.
b. Utang pemerintah Belanda tidak diakui Inggris.
c. Pulau Jawa, Madura, dan artifasial dan bohongana awalan Belanda di luarJawa menjadi wilayah kekuasaan Inggris.

Inggris mengangkat Thomas Stamford Raffles (1811–1816)sebagai letnan gubernur jenderal mewakili Lord Minto yang
berkedudukan di Calcutta, India.Perubahan-perubahan penting yang dilakukan Raffles ialah sebagai diberikut:

a. Bidang Pemerintahan

1)   Membagi Pulau Jawa menjadi 18 karesidenan danmengangkat ajun residen orang Eropa sebagaipengawas bupati.
2)   Mengurangi kekuasaan para bupati dengan menjadikannyasebagai pegawai pemerintah dan digajidengan uang, sehingga tidak menghebat dan luar biasakan pajak darimasyarakat.
3)   Menerapkan pengadilan dengan sistem juri.

b. Bidang Ekonomi

1)   Menghapuskan sistem kerja rodi yang pernahditerapkan oleh Daendels, kecuali untuk daerahPriangan dan Jawa Tengah.
2)   Menghapuskan pelayaran hongi yang pernahditerapkan oleh VOC.
3)   Menghapuskan sistem perbudakan.
4)   Menghapuskan penyerahan wajib dan hasil bumi daripenduduk kepada penguasa.
5)   Melaksanakan sistem pajak tanah (landrent system)dengan ketentuan petani harus menyewa tanah yangdigarapnya kepada pemerintah, di mana besarnyasewa tanah diadaptasi dengan keadaan tanah. Pajakbumi harus dibayar dengan uang atau beras, dan orang-orangyang bukan petani dikenakan pajak kepala.

Kegiatan Raffles yang berjasa dalam bidang ilmu pengetahuanantara lain sebagai diberikut:

a. Membangun Gedung Harmoni untuk forum ilmupengetahuan Bataviassch Genootshap.
b. Menulis sejarah kebudayaan dan alam Jawa dalam “Historyof Java.”
c. Sebagai perintis Kebun Raya Bogor, dan Nama Rafflesdiawetkan sebagai nama bunga bangkai rafflesia arnoldi.

6. Masa Pemerintahan Belanda dan Pax Nederlandica

Berikut ialah masa-masa yang harus dilalui selamapemerintahan Belanda dengan menjadikan Indonesia sebagaiPax Nederlandica, yang berarti perdamaian di bawah Belanda.

a. Masa Peralihan (1816–1830)

Peralihan kekuasaan dari tangan Inggris ke tangan Belandayang terjadi pada tahun 1816 ini menghadapkan Belandapada permasalahan sistem mana yang akan diterapkan diIndonesia semoga laba secara ekonomi tetap didapatkan.Terjadinya perubahan politik yang diakibatkan olehperistiwa-peristiwa di Eropa mendorong Inggris dan Belandamengadakan negosiasi di London.Berikut ini ketetapan menurut Convention of London(1814).

1)   Semua bekas jajahan Belanda yang dikuasai Inggrisdikembalikan kepada Belanda, kecuali Afrika Selatan,Ceylon, dan beberapa tempat di India.
2)   Akan dibuat komisi yang dipimpin oleh KomisarisJenderal Elout, Buyskes, dan Van der Capelen. Komisi inibertugas memperbaiki ekonomi Indonesia, membayarutang-utang Belanda, dan mengambil piutangnya.
3)   Pemerintah Belanda mendirikan Nederlandsche HandelsMaatschappij (serikat dagang Belanda satu-satunya yangberhak mengekspor hasil bumi yang dihasilkan daritanam paksa) yang mendapat pemberian daripemerintah Belanda dan Eropa.

Dengan demikian, semenjak tahun 1816 Indonesia diserahkankembali kepada Belanda di bawah pimpinan GubernurJenderal Van der Capellen. Van der Capellen pada tahun1823 menciptakan kudang kecepejakan menghentikan dan menghapuspenyelewengan tanah swasta di Jawa Tengah. Kudang kecepejakantersebut merugikan para ningrat pribumi, karenamereka harus membayar ganti rugi dan uang sewa yangharus dibayarkan pada para pengusaha Eropa dan Cina.Inilah salah satu faktor penyebab munculnya pemberontakandari para ningrat di Jawa Tengah.

b. Masa Tanam Paksa (Cultuurstelsel) (1830–1870)

Pada tahun 1830-an Belanda dihadapkan pada permasalahankeuangan yang parah, bahkan terancam melarat akibatbesarnya biaya peperangan yang harus mereka keluarkanselama peperangan di Jawa, Bonjol, dan Belgia. Oleh karenaitu, Van den Bosch memperkenalkan sebuah sistem yangdapat memdiberikan laba besar denganmenggunakan cara-cara tradisional, yaitu cultuurstelsel.

Bosch meskor bahwa Jawa sangat cocok dan dapatmemdiberikan laba besar bagi Belanda karenakerindangan tanah dan padatnya penduduk yang dapatdigunakan sebagai pekerja dan pengolah lahan.Pada masa terlaksanakan sistem tanam paksa, masyarakatwajib menanam tumbuhan menyerupai tebu, nila, teh, kopi, dantembakau, di mana dalam terlaksanakannya diawasi dandijalankan pribadi oleh pemerintah. Adapun ketentuansistem tanam paksa menurut Lembaran Negara Tahun1834 No. 22 ialah sebagai diberikut:

1)   Penyediaan lahan untuk tumbuhan wajib harus ataspersetujuan penduduk.
2)   Bagian tanah pertanian yang disediakan penduduk untuktanaman wajib dilarang meludang kecepehi seperlima bagian.
3)   Pekerjaan yang diharapkan untuk menanam tanamanwajib dilarang meludang kecepehi waktu menanam padi.
4)   Bagian tanah yang dipakai menanam tanamanwajib dilarang meludang kecepehi luas lahan menanam padi.
5)   Tanaman wajib yang dihasilkan harus didiberikan kepadapemerintah. Jika hasil yang diperoleh ludang kecepeh dari yangditaksir, maka ludang kecepehnya diserahkan kepada penduduk.
6)   Kegagalan panen ditanggung pemerintah asal kegagalantersebut bukan lantaran kurang rajinnya penduduk.
7)   Penduduk desa mengerjakan tanah-tanah mereka dibawah pengawasan kepala desa, sedangkan pegawaiEropa melaksanakan pengawasan terbatas semoga penanamandan panen berjalan baik dan sempurna pada waktunya.

Dampak dari terlaksanakan sistem tanam paksa ialah sebagai diberikut:

1)   Belanda mendapat laba yang sangat besarnamun kesejahteraan masyarakat menurun, sehinggamemunculkan kemiskinan yang parah.
2)   Terjadinya penyelewengan aturan-aturan tanam paksayang pada hasilnya sangat menyengsarakan penduduk.
3)   Pemberlakuan cultuurprocenten menambah beban bagipenduduk.
4)   Berkembangnya reaksi keras di Belanda terhadap terlaksanakansistem tersebut hingga keluarnya UU AgrariaTahun 1870.
5)   Masyarakat Indonesia mengenal jenis-jenis tanaman,teknik penanaman, dan pertanian yang baru.
6)   Perluasan jaringan jalan raya untuk kepentingan tanampaksa.

c. Masa Liberal

Pelaksanaan sistem tanam paksa yang menyengsarakanmasyarakat hasilnya mendapat kritikan dari banyak sekali pihak.Tokoh-tokoh penentang cultuurstelsel di antaranya ialah sebagai diberikut:

1) E.F.E. Douwes Dekker lewat bukunya yang berjudulMax Havelaar

Akibat kritikan Douwes Dekker atau yang dikenaldengan nama Multatuli, Belanda mengganti politiktanam paksa dengan politik pintu terbuka. Dalambukunya, Multatuli mengemukakan keadaan pemerintahankolonial yang zalim dan korup di Jawa. Buku itumenjadi senjata bagi kaum liberal untuk melancarkanprotes atas terlaksanakan tanam paksa.

2) Baron van Hoevell

Baron van Hoevell ialah mantan pendeta yangmenyaksikan sendiri penderitaan rakyat akhir tanampaksa. Baron van Hoevell membela rakyat Indonesiamelalui pidato-pidatonya di DPR Nederland.

3) Fransen van der Putte yang menulis Suiker Contracten.

Hasil dari perdebatan di DPR Belanda adalahdihapuskannya cultuurstelsel secara sedikit demi sedikit mulai tanamanyang paling tidak laris hingga dengan tumbuhan yang lakukeras di pasaran Eropa. Secara berangsur-angsurpenghapusan cultuurstelsel ialah sebagai diberikut:

a. Pada tahun 1860, pembatalan tanam paksa lada.
b. Pada tahun 1865, pembatalan tanam paksa untuk tehdan nila.
c. Pada tahun 1870, hampir artifasial dan bohongana jenis tanam paksa telahdihapuskan.

Setelah dihapuskannya tanam paksa, kaum pengusaha swastaleluasa mengatur tanah jajahan demi keuntunganpribadi.UU Agraria Tahun 1870 membuka jalan bagi pihak swastauntuk menanamkan modalnya di Indonesia sehingga
banyak investor swasta asing, menyerupai Inggris, Belgia, Prancis,Amerika Serikat, Cina, dan Jepang yang menanamkanmodalnya di Indonesia. Dengan demikian, perkebunan diIndonesia meningkat dengan pesat. Akan tetapi, sistem inipun tidak ludang kecepeh baik dibanding sistem sebelumnya. Sistemekonomi terbuka telah mematikan para pengusaha pribumiyang mempunyai modal kecil.

Sistem yang jelek tersebut dibiarkan oleh pemerintahkolonial Belanda. Bahkan, pemerintah kolonial mengeluarkanaturan yang merugikan kaum buruh pribumi. Misalnya,pada tahun 1881 pemerintah kolonial Belanda mengeluarkanUndang-Undang Koelie Ordonantie yang mengatur para kuli.Sistem tanam paksa (Cultuurstelsel)juga dikritik lantaran mematikanusaha perkebunan swasta diHindia Belanda. Kritikan ini ditulisoleh pengusaha perkebunan,Fransen van de Putte, dalam artikelSuiker Contracten (PerjanjianGula).

Dengan aturan ini, kuli yang dipekerjakan di Sumatra harusmelalui kontrak kerja. Tidak boleh meninggalkan pekerjaansebelum kontraknya habis. Bagi yang melarikan diridikenakan eksekusi berupa punale sanctie.Penderitaan bangsa Indonesia bertambah jelek setelahpemerintah kolonial memberlakukan sistem rodi alias kerjapaksa. Sistem tersebut diterapkan untuk mendukungprogram penanaman modal Barat di Indonesia dengan caramenyediakan sarana dan prasarana, menyerupai irigasi, waduk-waduk,jalan raya, jalan kereta, dan pelabuhan-pelabuhan.

Dalam membangun sarana-sarana tersebut, pemerintahkolonial Belanda memakai tenaga kerja Indonesia tanpaupah, serta dikerahkan secara paksa.Berbagai kudang kecepejakan pemerintah kolonial telah melahirkanpenderitaan bagi rakyat Indonesia. Di tempat kerajaan,ajakan perlawanan dari para ningrat maupun ulamayang besar lengan berkuasa untuk melawan kekuasaan ajaib dengancepat mendapat sambutan baik dari kelompok rakyat, yangkarena tekanan-tekanan hidup yang mereka alami sudahbersikap antipati terhadap kekuasaan asing.

Secara umum sanggup dikatakan bahwa kondisi di daerah-daerahselama kontak dengan kekuasaan Barat cukup rindanguntuk timbulnya usaha tersebut. Oleh lantaran dalamtiap-tiap tempat konvensi intensitas kontak dari kekuasaanBelanda tidak bersamaan waktu terjadinya, maka timbulnyaperjuangan terhadap kekuasaan asingpun tidak samawaktunya. Perjuangan-perjuangan itu bisa berupaperlawanan besar, atau pemberontakan maupun hanyamerupakan kericuhan-kericuhan.

Advertisement

Iklan Sidebar